Sejarah Singkat

Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan terdiri dari 3 Pogram Studi, yaitu:

  1. Program Studi D3 Teknik Sipil
  2. Program Studi D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi Gedung (MRKG)
  3. Program Studi D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan (TPJJ)

 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan (TPJJ) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan berdiri tanggal 28 November 2008 sesuai dengan SK DIKTI No. 4308/D/T/2008, dan telah memulai kuliah pada semester A tahun ajaran 2009/2010.

Ada tiga profil yang akan dihasilkan dari Program Studi Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan yaitu:

  1. Road and Bridge Engineering Technologist (Ahli Teknik Jalan dan Jembatan)

Sarjana terapan yang mampu melakukan perancangan, kajian pelaksanaan, pengawasan, perawatan dan perbaikan bangunan jalan dan jembatan dengan menerapkan aturan dan standar konstruksi bangunan jalan dan jembatan skala menengah1 di wilayah kerjanya yang disajikan dalam bentuk dokumen perancangan dan/atau kajian teknis.

  1. Road and Bridge Site Engineering Technologist (Ahli Pelaksanaan Jalan dan Jembatan)

Sarjana Sains Terapan yang mampu melakukan perancangan terkait tahapan dan proses pelaksanaan, perancangan tahapan dan/atau metode pelaksanaan serta memastikan tercapainya target konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan syarat teknis terkait keamanan konstruksi dan K3 dan aspek lingkungan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan pada proses pembangunan konstruksi jalan dan jembatan skala menengah1 di wilayah kerjanya.

  1. Road and Bridge Construction Manager (Ahli Pengawasan Mutu Konstruksi Jalan dan Jembatan)

Sarjana Sains Terapan yang mampu melakukan pengawasan pada proses pelaksanaan secara menyeluruh dan memastikan tercapainya target konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan syarat teknis terkait keamanan konstruksi, K3 dan aspek lingkungan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan pada proses pembangunan konstruksi jalan dan jembatan skala menengah1 di wilayah kerjanya.