Strategi Pencapaian

Tahun 1 (2013)

Strategi Pencapaian Pembelajaran Berkualitas

  • Melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) sesuai kurikulum dengan disiplin dan pelayanan prima untuk mahasiswa dengan mengoptimalkan sarana prasarana sumber belajar yang dimiliki.
  • Merancang kurikulum dan silabus serta meninjau kurikulum dan silabus tersebut secara periodik guna menyesuaikan dengan kebutuhan terkini (misal KKNI), dunia industri dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Melengkapi sarana, dan prasarana program studi sebagai media dan sumber belajar seperti multimedia, Laboratorium, bengkel, dan perpustakaan untuk mendapatkan capaian pembelajaran sesuai kurikulum yang ditetapkan.
  • Mengembangkan secara konsisten kemampuan aktivitas instruksional dan kewe nangan tenaga pengajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar,
  • Mengembangkan secara terus menerus sistem informasi data yang akurat dan terpadu
  • Meningkatkan kualitas PBM melalui proses monitoring oleh fungsionaris program studi maupun dosen wali serta meminta umpan balik dari mahasiswa terhadap pelaksanaan PBM
  • Menganjurkan penggunaan Bahasa Inggris (Bilingual) pada pelaksanaan PBM melalui pemberian materi dan tugas tugas kepada mahasiswa dengan menggunakan Bahasa Inggris.
  • Menyelenggarakan test Bahasa Inggris seperti TOEIC untuk membekali mahasiswa dengan bahasa komunikasi international.
  • Membentuk kelompok Bahasa Inggris (English Club) dan kelompok studi terkait dengan konversi energi, sesuai bakat dan minat mahasiswa. – Melakukan kegiatan yang meningkatkan softskill
  • Meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara bersamasama dengan dosen.
  • Melakukan tracer study secara berkala kepada pengguna lulusan (stakeholder ) untuk mengetahui kepuasan pengguna lulusan terhadap lulusan yang dihasilkan oleh program studi sebagai bahan evaluasi ketepatan kurikulum dengan kompetensi lulusan yang diharapkan.
  • Meningkatkan gairah kerja bagi dosen dan pegawai dengan cara menciptakan suasana yang harmonis dan kondusif di lingkungan Prodi T Mesin dan peningkatan pendapatan/kesejahteraan pegawai.

Tahun 2 (2014)

Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

  • Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (dosen, tenaga administrasi, teknisi dan laboran) sesuai dengan rencana dan secara konsisten melalui proses studi lanjut, pelatihan peningkatan dan pengembangan aktivitas instruksional yang berkelanjutan,
  • Memberikan kesempatan luas bagi setiap tenaga pengajar untuk berkembang dalam peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan dengan memanfaatkan TIK.
  • Mengarahkan semua tenaga pengajar untuk senantiasa meningkatkan kemampuannya secara komprehensif di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Mengarahkan semua tenaga pengajar untuk senantiasa meningkatkan kemampuannya secara komprehensif di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,- Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (dosen, tenaga administrasi, teknisi dan laboran) sesuai dengan rencana dan secara konsisten melalui proses studi lanjut, pelatihan peningkatan dan pengembangan aktivitas instruksional yang berkelanjutan.
  • Memberikan kesempatan luas bagi setiap tenaga pengajar untuk berkembang dalam peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan dengan memanfaatkan TIK.

Tahun 3 (2015)

Strategi Kerjasama dengan Stakeholder

  • Mengambil peran lebih proaktif untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan pemerintah, dunia usaha, sesama perguruan tinggi, untuk membantu menyelesaikan masalah aktivitas instruksional,
  • Meningkatkan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, lembaga keilmuan, organisasi profesional dan sebagainya di dalam maupun di luar negeri untuk meningkatkan dan pengembangan aktifitas instruksional dengan memanfaatkan fasilitas TIK,
  • Memberikan bantuan akademik bagi sesama perguruan tinggi negeri maupun swasta yang membutuhkan, khususnya dalam aktifitas instruktsional
  • Mengajak dunia industri untuk turut berperan aktif dalam penyusunan kurikulum.
  • Memperluas kerja sama dengan pengguna lulusan (industri dan lembaga kerja lainnya) melalui seminar, kerja praktek, magang, rekrutmen dan lainnya dengan dipertegas melalui MoU.

Tahun 4 (2016)

Tersedianya dan terjangkaunya layanan pendidikan tinggi menuju Prodi T Mesin yang bermutu, relevan, berdaya saing internasional

  • Mengadakan pengembangan, pemeliharaan sarana praktik dan laboratorium yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja
  • Penambahan ruangan teori, praktik dan laboratorium yang nyaman dan kondusif untuk proses belajar dan mengajar,
  • Pengembangan kurikulum/silabus/SAP dan bahan ajar sesuai dengan tuntutan pasar kerja dan pemanfaatan TIK,
  • Mengembangkan sifat kepemimpinan terhadap mahasiswa dan menumbuhkembangkan jiwa wirausaha yang handal,
  • Meningkatkan status akreditasi Prodi T Mesin sesuai dengan BSNP (BAN-PT),
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas koleksi perpustakaan Prodi T Mesin senantiasa melaksanakan pertemuan dengan alumni dan pengguna lulusan untuk memperoleh input berkaitan dengan kinerja alumni serta evaluasi kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan pengguna lulusan. Ikatan alumni Prodi Teknik Mesin dibentuk pada bulan April 2015, diupayakan setiap 6 bulan dilakukan pertemuan untuk membicarakanperkembangan pasar kerja serta peluang yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan mahasiswa dan program studi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Centre For Applied Mechanical Engineering