Politeknik Negeri Medan Tuan Rumah National Welding Competition (NWC) 2018

Setelah berhasil gelar “Politeknik National Welding Competition” pada Agustus 2017 lalu, kini Politeknik Negeri Medan (Polmed) kembali adakan National Welding Competition (NWC) yang bertemakan “Mempersiapkan Tenaga Pengelasan yang Kompeten dan Profesional dalam Dunia Industri”  dan dilaksanakan di Polmed selama 4 hari, yakni 6-9 Agustus 2018.

Kegiatan nasional ini diikuti oleh peserta dari beberapa Politeknik Negeri yang ada di Indonesia. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak  26 Politeknik Negeri Seluruh Indinesia yang terdiri dari 81 peserta dan 26 official. Pembukaan NCW ini dilaksanakan pada 6 Agustus 2018, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lomba. Kategori yang dilombakan Kategori Las Pipa SMAW 2G (PC), Kategori Las Pipa SMAW 5G (PH), Kategori Las Plat SMAW 3G (PF), Kategori Las Pipa GMAW 2G (PC), Kategori Las Plat GMAW 3G (PF), Kategori Las Pipa GTAW 1G (PA), Kategori Las Plat GTAW 1G (PA). Seleksi dilaksanakan dalam dua tahap yaitu ujian tulis dan tes rigi-rigi. Pada tes rigi-rigi ini, peserta mempraktikkan pembuatan alur las  3 jalur, stop and run 2 kali tiap jalur .

National Welding Competition (NWC) adalah sebuah kompetisi pengelasan berskala nasional untuk mempertemukan mahasiswa yang telah dibekali keterampilan yang nantinya akan menjadi calon welder profesional, dimana dalam kompetisi ini peserta dinilai kemampuannya dalam hal teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinyu. Selain ketrampilan praktik, peserta juga diharapkan dapat menguasai kemampuan teoritis pengelasan. NWC sendiri telah berlangsung secara rutin setiap tahun dilaksanakan di Politeknik Negeri di seluruh Indonesia.  Pada tahun 2018 ini, Politeknik Negeri Medan (Polmed) menjadi pelaksana acara yang akan diikuti oleh Politeknik Negeri seluruh Indonesia.

Maksud dan tujuan kompetisi ini diadakan adalah untuk Mengukur pencapaian kompetensi pengelasan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia yang  mengacu pada standar baku yang berlaku secara nasional dan/atau internasional, sebagai bahan program pengembangan dan pembinaan kompetensi pengelasan terhadap kebutuhan industry, mendorong minat keahlian pengelasan dalam pemenuhan terhadap permintaan tenaga kerja bidang pengelasan bagi industri baik dalam negeri maupun luar negeri, dan menjaring SDM berbakat di bidang pengelasan.

NWC 2018 dibuka secara resmi di Aula Polmed Oleh Direktur Politeknik Negeri Medan M.Syahruddin, S.T., M.T., dan didampingi oleh Wakil Direktur I (Nursiah, S.E., M.Si), Wakil Direktur II (Abdul Rahman, S.E., Ak., M.Si), Wakil Direktur III (Nisfan Bahri, S.T., M.T), dan Wakil Direktur IV (Ir. Berta Ginting, M.T),  dan dihadiri oleh perwakilan peserta dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Disela sambutannya, Direktur Polmed juga menyampaikan terimakasih telah memberi kepercayaan kepada Polmed sebagai tuan rumah pada kegiatan NCW 2018 ini, dan berharap melalui kegiatan ini nantinya akan menghasilkan Welder yang handal dan kompeten.