Sasaran dan Strategi

Sasaran dan Strategi Pencapaian

  • Meningkatnya Jumlah Mahasiswa dan Lulusan yang Memenuhi Kriteria Unggul pada bidang teknik Elektronika.
    1. Meningkatnya Kualitas dan Kuantitas Input;
    2. Meningkatnya Kualitas Proses dan Hasil Pendidikan;
    3. Akselerasi Peningkatan Kualitas Pendidikan;
  • Meningkatnya Kemanfaatan Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat;
  • Meningkatnya Penjaminan Mutu Penyelenggaraan Kegiatan Tridharma;
  • Meningkatnya Kualitas Pengelolaan Pendidikan;
  • Meningkatnya Kualitas Hasil Kegiatan Kemahasiswaan; dan
  • Meningkatnya Hasil dan Manfaat Kerjasama.

Tahun 1 ( 2015 )

Strategi Pencapaian Pembelajaran Berkualitas

  • Melengkapi sarana, dan prasarana program studi sebagai media dan sumber belajar seperti multimedia, Laboratorium, bengkel, dan perpustakaan untuk mendapatkan capaian pembelajaran sesuai kurikulum yang ditetapkan.
  • Melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) sesuai kurikulum dengan disiplin dan pelayanan prima untuk mahasiswa dengan mengoptimalkan sarana prasarana sumber belajar yang dimiliki.
  • Mengembangkan secara konsisten kemampuan aktivitas instruksional dan kewenangan tenaga pengajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar,
  • Meningkatkan kualitas PBM melalui proses monitoring oleh fungsionaris program studi maupun dosen wali serta meminta umpan balik dari mahasiswa terhadap pelaksanaan PBM
  • Menyelenggarakan test Bahasa Inggris(TOEIC) dua kali setiap angkatan yaitu pada awal semester I (satu) dan pada akhir semester VI (enam) untuk membekali mahasiswa dengan bahasa komunikasi international.
  • Melakukan kegiatan yang meningkatkan softskill mahasiswa.
  • Meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara bersamasama dengan dosen.

Tahun 2 ( 2016 )

Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

  • Melengkapi sarana, dan prasarana program studi sebagai media dan sumber belajar seperti multimedia, Laboratorium, bengkel, dan perpustakaan untuk mendapatkan capaian pembelajaran sesuai kurikulum yang ditetapkan.
  • Mengarahkan semua tenaga pengajar untuk senantiasa meningkatkan kemampuannya secara komprehensif dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,
  • Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (dosen, tenaga administrasi, teknisi dan laboran) sesuai dengan rencana dan secara konsisten melalui proses studi lanjut, pelatihan peningkatan dan pengembangan aktivitas instruksional yang berkelanjutan,
  • Menganjurkan penggunaan Bahasa Inggris (Bilingual) pada pelaksanaan PBM melalui pemberian materi dan tugas tugas kepada mahasiswa dengan menggunakan Bahasa Inggris
  • Membentuk Study Group Bahasa Inggris dan kelompok studi terkait dengan Elektronika, sesuai bakat dan minat mahasiswa
  • Melakukan tracer study setiap tahundan kunjungan industri secara berkala kepada pengguna lulusan (stakeholder) untuk mengetahui kepuasan pengguna lulusan terhadap lulusan yang dihasilkan oleh program studi sebagai bahan evaluasi ketepatan kurikulum dengan kompetensi lulusan yang diharapkan
  • Meningkatkan kualitas PBM melalui proses monitoring oleh fungsionaris program studi maupun dosen wali serta meminta umpan balik dari mahasiswa terhadap pelaksanaan PBM
  • Menyelenggarakan test Bahasa Inggris(TOEIC) dua kali setiap angkatan yaitu pada awal semester I (satu) dan pada akhir semester VI (enam)untuk membekali mahasiswa dengan bahasa komunikasi international.
  • Melakukan kegiatan yang meningkatkan softskill mahasiswa.
  • Meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara bersamasama dengan dosen.
  • Meningkatkan status akreditasi program studi elektronika sesuai dengan BSNP dan BAN-PT.

Tahun 3 ( 2017 )

Strategi Kerjasama dengan Stakeholder

  • Melengkapi sarana, dan prasarana program studi sebagai media dan sumber belajar seperti multimedia, Laboratorium, bengkel, dan perpustakaan untuk mendapatkan capaian pembelajaran sesuai kurikulum yang ditetapkan.
  • Melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) sesuai kurikulum dengan disiplin dan pelayanan prima untuk mahasiswa dengan mengoptimalkan sarana prasarana sumber belajar yang dimiliki.
  • Mengembangkan secara konsisten kemampuan aktivitas instruksional dan kewenangan tenaga pengajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar,
  • Meningkatkan kualitas PBM melalui proses monitoring oleh fungsionaris program studi maupun dosen wali serta meminta umpan balik dari mahasiswa terhadap pelaksanaan PBM
  • Meningkatkan kemampuan tenaga teknisi/ laboran dengan mengadakan pelatihan yang diperlukan sesuai bidangnya,
  • Menyelenggarakan test Bahasa Inggris(TOEIC) dua kali setiap angkatan yaitu pada awal semester I (satu) dan pada akhir semester VI (enam) untuk membekali mahasiswa dengan bahasa komunikasi international.
  • Melakukan kegiatan yang meningkatkan softskill mahasiswa.
  • Melengkapi sarana, dan prasarana program studi sebagai media dan sumber belajar seperti multimedia, Laboratorium, bengkel, dan perpustakaan untuk mendapatkan capaian pembelajaran sesuai kurikulum yang ditetapkan.
  • Mengarahkan semua tenaga pengajar untuk senantiasa meningkatkan kemampuannya secara komprehensif dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,
  • Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (dosen, tenaga administrasi, teknisi dan laboran) sesuai dengan rencana dan secara konsisten melalui proses studi lanjut, pelatihan peningkatan dan pengembangan aktivitas instruksional yang berkelanjutan,
  • Mengajak dunia industri untuk turut berperan aktif dalam penyusunan kurikulum
  • Merancang kurikulum dan silabus serta meninjau kurikulum dan silabus tersebut secara periodik guna menyesuaikan dengan kebutuhan terkini (misal KKNI), dunia industri dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Mengambil peran lebih proaktif untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan pemerintah, dunia usaha, sesama perguruan tinggi, untuk membantu menyelesaikan masalah aktivitas instruksional,
  • Mengembangkan secara terus menerus sistem informasi data yang akurat dan terpadu dan e-learning,
  • Meningkatkan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, lembaga keilmuan, organisasi profesional dan sebagainya di dalam maupun di luar negeri untuk meningkatkan dan pengembangan aktifitas instruksional dengan memanfaatkan fasilitas TIK,
  • Memperluas kerja sama dengan pengguna lulusan (industri dan lembaga kerja lainnya) melalui seminar, kerja praktek, magang, rekrutmen dan lainnya dengan dipertegas melalui MoU.
  • Melakukan kegiatan yang meningkatkan softskill mahasiswa.
  • Meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara bersamasama dengan dosen.

 Tahun 4 ( 2018 )

  • Melengkapi sarana, dan prasarana program studi sebagai media dan sumber belajar seperti multimedia, Laboratorium, bengkel, dan perpustakaan untuk mendapatkan capaian pembelajaran sesuai kurikulum yang ditetapkan.
  • Melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) sesuai kurikulum dengan disiplin dan pelayanan prima untuk mahasiswa dengan mengoptimalkan sarana prasarana sumber belajar yang dimiliki.
  • Mengembangkan secara konsisten kemampuan aktivitas instruksional dan kewenangan tenaga pengajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar,
  • Meningkatkan kualitas PBM melalui proses monitoring oleh fungsionaris program studi maupun dosen wali serta meminta umpan balik dari mahasiswa terhadap pelaksanaan PBM
  • Meningkatkan kemampuan tenaga teknisi/ laboran dengan mengadakan pelatihan yang diperlukan sesuai bidangnya,
  • Menyelenggarakan test Bahasa Inggris(TOEIC) dua kali setiap angkatan yaitu pada awal semester I (satu) dan pada akhir semester VI (enam) untuk membekali mahasiswa dengan bahasa komunikasi international.
  • Melakukan kegiatan yang meningkatkan softskill mahasiswa.
  • Tersedianya dan terjangkaunya layanan pendidikan tinggi menuju program studi teknik elektronika.yang bermutu, relevan, berdaya saing internasional
  • Penambahan ruangan teori, praktik dan laboratorium yang nyaman dan kondusif untuk proses belajar dan mengajar,
  • Mengadakan pengembangan, pemeliharaan sarana praktik dan laboratorium yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja,
  • Pengembangan kurikulum/silabus/SAP dan bahan ajar sesuai dengan tuntutan pasar kerja dan pemanfaatan TIK,
  • Mengembangkan sifat kepemimpinan terhadap mahasiswa dan menumbuhkembangkan jiwa wirausaha yang handal,
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas koleksi perpustakaan program studi elektronika.
  • Memberikan bantuan akademik bagi sesama perguruan tinggi negeri maupun swasta yang membutuhkan, khususnya dalam aktifitas instruktsional
  • Melakukan kegiatan yang meningkatkan softskill mahasiswa.
  • Meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara bersamasama dengan dosen.

Tahun 5 ( 2019 )

  • Melengkapi sarana, dan prasarana program studi sebagai media dan sumber belajar seperti multimedia, Laboratorium, bengkel, dan perpustakaan untuk mendapatkan capaian pembelajaran sesuai kurikulum yang ditetapkan.
  • Melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) sesuai kurikulum dengan disiplin dan pelayanan prima untuk mahasiswa dengan mengoptimalkan sarana prasarana sumber belajar yang dimiliki.
  • Mengembangkan secara konsisten kemampuan aktivitas instruksional dan kewenangan tenaga pengajar dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar,
  • Meningkatkan kualitas PBM melalui proses monitoring oleh fungsionaris program studi maupun dosen wali serta meminta umpan balik dari mahasiswa terhadap pelaksanaan PBM
  • Menyelenggarakan test Bahasa Inggris(TOEIC) dua kali setiap angkatan yaitu pada awal semester I (satu) dan pada akhir semester VI (enam) untuk membekali mahasiswa dengan bahasa komunikasi international.
  • Melakukan kegiatan yang meningkatkan softskill mahasiswa.
  • Melakukan tracer study dan kunjungan industri secara berkala kepada pengguna lulusan (stakeholder) untuk mengetahui kepuasan pengguna lulusan terhadap lulusan yang dihasilkan oleh program studi sebagai bahan evaluasi ketepatan kurikulum dengan kompetensi lulusan yang diharapkan
  • Pengembangan kurikulum/silabus/SAP dan bahan ajar sesuai dengan tuntutan pasar kerja dan pemanfaatan TIK
  • Mengembangkan sifat kepemimpinan terhadap mahasiswa dan menumbuhkembangkan jiwa wirausaha yang handal,
  • Tersedianya dan terjangkaunya layanan pendidikan tinggi menuju program studi teknik elektronika.yang bermutu, relevan, berdaya saing internasional
  • Penambahan ruangan teori, praktik dan laboratorium yang nyaman dan kondusif untuk proses belajar dan mengajar,
  • Mengadakan pengembangan, pemeliharaan sarana praktik dan laboratorium yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja,
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas koleksi perpustakaan program studi elektronika.
  • Melakukan kegiatan yang meningkatkan softskill mahasiswa.

Meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara bersamasama dengan dosen