Home »

 
 

Adm Bisnis D-III

 

Program Studi Administrasi Bisnis adalah satu dari 9 program diploma 3 yang di Politeknik Negeri Medan. Program Studi Administrasi Bisnis bernaung di bawah Jurusan Administrasi Niaga bersama satu program studi lainnya, yaitu Program Studi D4 MICE (Meeting, Incentive, Convention, & Exhibition). Pada saat berdiri nama program studi yang digunakan adalah Program Studi Sekretaris yang kemudian, sesuai dengan diterbitkannya SK No.45/DIKTI/Kep/2001 nama program studi berubah menjadi Program Studi Administrasi Bisnis. Perubahan nama program studi ini telah berdampak pada semakin besarnya cakupan ruang lingkup pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan Program Studi Administrasi Bisnis di pasar tenaga kerja, dan seiring dengan itu sebagai konsekwensinya Program Studi Administrasi Bisnis juga telah merubah visi dan misi sesuai dengan orientasi yang mempertimbangkan kondisi saat ini dan proyeksi masa depan.

Sebagai bagian dari penyelenggara pendidikan tinggi vokasi, Program Studi Administrasi Bisnis bertanggung jawab dalam program pendidikan yang berorientasi pada memproduksi sumber daya manusia trampil dan profesional di bidang administrasi bisnis, perkantoran, kesekretariatan, perkantoran, public relations dan lain-lain. Selama beberapa tahun belakangan ini Program Studi Administrasi Bisnis telah berupaya meningkatkan kualitas program studi yang meliputi 3 aspek, yakni: peningkatan kualitas dosen, kurikulum (penerapan kurikulum berbasis kompetensi) dan fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar.

Sejumlah tujuan dan sasaran yang ditetapkan sesuai dengan visi dan misi, antara lain adalah mengupayakan semaksimal mungkin agar Program Studi Administrasi Bisnis dapat menjadi pusat pendidikan dan penghasil sumber daya manusia profesional di bidang administrasi bisnis yang unggul di Indonesia bahkan di wilayah Asia Tenggara. Untuk ini Program Studi Administrasi Bisnis telah mempersiapkan langkah-langkah strategis yang harus ditempuh antara lain:

  • melaksanakan dan menyelenggarakan pendidikan pada jenjang D3 secara profesional dalam bidang studi administrasi bisnis;
  • menerapkan kurikulum berbasis kompetensi agar tercipta tenaga kerja ahli madya administrasi bisnis yang kompeten, berkualitas, jujur, berprilaku baik dan profesional;
  • menyelenggarakan penelitian dan memperluas pelayanan kepada masyarakat dalam bidang administrasi bisnis;
  • membuat jaringan kerjasama dengan masyarakat pengguna lulusan, industri, asosiasi dan alumni.

Sebagai salah satu program studi dari Jurusan Administrasi Niaga, secara khusus, sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Administrasi Bisnis adalah terjadinya transfer pengetahuan dan transfer keterampilan secara komperhensif yang membentuk kompetensi mahasiswa/lulusan, antara lain:

  • Memiliki kemampuan mengelola kegiatan kesekretariatan dan administrasi kantor;
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris;
  • Memiliki kemampuan menggunakan komputer dan teknologi yang lain untuk menunjang pekerjaanya;
  • Memiliki kemampuan dalam bidang membina customer relations;
  • Memiliki kepribadian yang tangguh, sikap mental yang positif, jujur, bertanggung jawab dan disiplin;
  • Memiliki kemampuan untuk berwirausaha.

Dengan dicapainya kompetensi tersebut diharapkan lulusan Program Studi Administrasi Bisnis dapat diterima di dunia kerja dan mengisi sejumlah posisi pekerjaan seperti: sekretaris eksekutif, assisten administrasi, manajer administrasi, manajer kantor, resepsionis, customer service, corporate communicator, public relations, wirausahawan, clerk, marketing officer dan lain-lain.

Strategi yang diterapkan Program Studi Administrasi Bisnis dalam mencapai berbagai tujuan yang telah ditetapkan adalah dengan mengimplementasikan konsep RAISE++ yang meliputi: relevansi (relevance), suasana akademik (academic atmosphere), pengelolaan internal dan organisasi (internal management and organization), kepemimpinan (leadership), tata pamong (governance), keberlanjutan (sustainability), selektivitas (selectivity), pemerataan (equity), efisiensi (efficiency), efektivitas (effectiveness), dan produktivitas (productivity). Konsep ini mulai diterapkan sejak Program Studi Administrasi Bisnis giat mengikuti hibah-hibah kompetisi yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi sejak tahun 2001. Dengan konsep RAISE++ ini Program Studi Administrasi Bisnis mencapai sejumlah prestasi, antara lain:

  • Memenangkan program hibah bersaing Due Like tahun 2001.
  • Memenangkan program hibah bersaing TPSDP Batch III pada tahun 2003.
  • Memperoleh akreditasi peringkat B oleh BAN PT pada tahun 2005.

Metode Pembelajaran

Ceramah (Lecture)
Perkuliahan di Jurusan Administrasi Bisnis memiliki jadwal yang padat, dimana perkulihaan setiap hari (6 hari dalam 1 minggu), untuk kelas pagi perkuliahan dimulai pukul 7.30 WIB s.d. 13.00 WIB, sedangkan untuk kelas sore, kegiatan dimulai jam pukul 13.05 WIB hingga jam 18.35. Transfer pengetahuan akan berjalan kondisif, karena ketersediaan kelas yang nyaman dan jumlah mahasiswa hanya terdiri dari 24 orang setiap kelas. Pemberian materi teori dan diskusi akan diberikan di kelas reguler sedangkan materi praktik diberikan di laboratorium.

Kerja Praktek di Laboratorium
Praktik kerja di laboratorium adalah kegiatan utama di Program Studi Administrasi Bisnis, dimana 55% waktu perkulihanan akan dihabiskan di laboratorium. Sejumlah laboratorum yang tersedia antara lain; laboratorium pengetikan manual, laboratorium pengetikan elektronik, laboratorium komputer, laboratorium simulasi bisnis, laboratorium bahasa Inggris, laboratorium kearsipan, dan laboratorium perkantoran.

Kuliah Umum/Studium General
Kuliah umum akan diberikan oleh praktisi-praktisi bisnis untuk membuka dan meng-update wawasan mahasiswa tentang dunia kerja. Kegiatan ini pada intinya untuk memotivasi mahasiswa agar lebih aware dengan perubahan lingkugan bisnis.

Studi Ekskursi (Kunjungan Industri)
Studi ekskursi adalah kegiatan mengunjungi dunia bisnis/industri dan dilakukan di semester 4. Adapun orientasi dari kegiatan studi ekskursi ini adalah untuk memperkenalkan kegiatan industri/bisnis kepada mahasiswa dan menumbuhkan minat untuk menjadi pelaku usaha (berwirausaha).

Kerja Praktek di Perusahaan (Magang)
Kegiatan ini di beri nama praktek kerja lapangan (PKL), dimana mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing melakukan kuliah praktik di perusahaan-perusahan yang menjadi mitra kerja Politeknik Negeri Medan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkaya wawasan dan pengalaman mahasiswa di dunia bisnis dengan terlibat langsung dalam berbagai pekerjaan di perusahaan secara langsung. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan berbagai materi teori dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada awal semester 6 dengan durasi sekitar 1 bulan. Setelah menyelesaikan proses PKL, mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan PKL untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan praktik di perusahaan.

Penulisan Tugas (Proyek) Akhir
Setelah menyampaikan laporan PKL, mahasiswa diharuskan menuliskan sebuah karya ilmiah dalam bentuk penelitian minor. Adapun tema penelitian minor tersebut disesuaikan dengan pengalaman selama pelaksanaan PKL dan preferensi/minat mahasiswa dalam suatu bidang tertentu. Dalam penulisan tugas akhir, masing-masing mahasiswa akan mendapat pendampingan dosen dengan kompetensi terkait dengan judul/tema tugas akhir.

Evaluasi
Evaluasi kegiatan belajar mengajar diadakan 2 kali per semester yaitu pada tengah semester sebagai alat pemantauan hasil belajar mengajar dan pada akhir semester sebagai evaluasi dan penentu kelanjutan kuliah bagi mahasiswa. Pada evaluasi akhir semester ditetapkan mahasiswa yang berhasil lulus dan dapat melanjutkan kuliah ke semester berikutnya atau mahasiswa yang gagal dan tidak dapat melanjutkan kuliah lagi.

Keunggulan

  • Kurikulum berbasis kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha dan industri. Selain itu, unggul dalam hal penggunaan teknologi informasi dan penguasaan Bahasa Inggris. Program Studi Administrasi Bisnis memperoleh nilai akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
  • Lulusan siap kerja dan siap melanjutkan ke jenjang S1 di berbagai universitas negeri dan swasta.
  • Diasuh oleh staf pengajar profesional dari lulusan dalam dan luar negeri.
  • Semua lulusan akan disertifikasi TOEIC/TOEFL.
  • Suasana akademik (academic atmosphere) yang sangat mendukung.

Posisi Pekerjaan Lulusan

  • Sekretaris eksekutif
  • Assisten administrasi
  • Manajer administrasi
  • Manajer kantor
  • Resepsionis
  • Customer service
  • Corporate communicator
  • Public relations
  • Wirausahawan