Home »

 
 

MICE D-IV& MB D-IV

 

MICE

MICE adalah akronim dari Meeting, Incentive, Convention, dan Exibition. MICE memang merupakan sitilah yang terdengar asing dan agak sulit mencari padanan istilah ini dalam bahasa Indonesia. Menurut keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. KM.108/HM.703/MPPT-91 menyebutkan MICE dengan istilah usaha jasa konvensi, perjalanan insentif, dan pameran. Apabila secara terpisah kata per kata dalam MICE berdasarkan keputusan Menparpostel tersebut, pengertian MICE adalah:

  • Konvensi (convention) adalah suatu kegiatan berupa pertemuan sekelompok orang (seperti: negarawan, usahawan, cendikiawan dan sebagainnya) untuk membahas masalah-masalah kepentingan bersama.
  • Perjalanan insentif (insentive) adalah suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan olah suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.
  • Pameran (exibition) adalah suatu kegiatan untuk menyebarluaskan informasi dan promosi yang ada hubungannya dengan penyelenggaraan konvensi atau yang ada kaitannya dengan pariwisata.

Meskipun kegiatan MICE masuk dalam kegiatan pariwisata namun dalam praktiknya kegiatan MICE identik dengan berbagai penanganan kegiatan pada bidang kesekretariatan dan administrasi bisnis. Itu sebabnya kompetensi sumber daya manusia lingkup bisnis ini tidak cukup hanya diisi oleh sumber daya manusia yang berlatar pendidikan pariwisata, tetapi lebih besar dari sumber daya manusia bidang administrasi bisnis.

Untuk pembukaan Program Studi D4 MICE Jurusan Administrasi Niaga telah melakukan serangkaian studi kalayakan dan berbagai kegiatan pendukung lainnya seperti: sosialisasi MICE di Pemerintah Kabupaten Samosir, survei kebutuhan dan minat terhadap Program Studi MICE, melakukan seminar tentang MICE, lokakarya tentang MICE, dan pembukaan Program Studi di Politeknik Negeri Medan (nara sumber: Politeknik Negeri Medan, Pemda Prov. Sumut, dan asosiasi MICE Jakarta dan Politeknik Negeri Jakarta), menemui beberapa mitra kerja (industri/perusahaan, Pemda TK I dan II Sumut, lembaga asosiasi yang berkaitan dengan MICE), dan pertemuan untuk menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan mitra untuk pembukaan PS MICE; serta telah menyiapkan diri secara internal dan eksternal untuk pembukaan PS MICE ini dengan sebaik-baiknya.

Pembukaan program studi D4 MICE pada Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Kebutuhan sumber daya manusia di bidang industri MICE adalah antara lain:

  • Perusahaan PCO (Professional Convention Oraganizer) maupun PEO (Professional Exibition Organizer) local, termasuk EO (Event Organizer)
  • Organisasi/asosiasi yang berafiliasi ke organisasi internasional, baik itu dalam bentuk Inter-Govermental
  • Hotel
  • Destination Management Company (DMC)
  • Convention Center
  • Travel
  • Manaejemen Venues di kampus/balai-balai pertemuan umum
  • Media dan PR company
  • Perusahaan supplier bagi industri MICE
  • Pemerintahan
  • Advertising company

Tujuan Program Studi MICE adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan sumber daya manusia yang mampu memenuhi kebutuhan industri MICE baik secara kuantitas maupun kualitas.
  • Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia agar mampu bekerja secara profesional di industri MICE.
  • Menampung kebutuhan masyarakat atas program pendidikan yang unggul di bidang MICE.

Sebagai strategi untuk meningkatkan mutu dan kinerja pendidikan maka Program Studi MICE akan bekerja sama dengan perguruan tinggi lain seperti: Akademi Pariwisata Medan, Universitas Sumatera Utara, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik MBP Medan dan perguruan tinggi unggulan dalam bidang pariwisata dan administrasi niaga, Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Utara, yaitu dengan menghadirkan dosen dari perguruan tinggi tersebut dan melaksanakan lokakarya tentang strategi pengembangan pendidikan profesi, pengembangan kurikulum, pengembangan materi dan lain-lain.

Selanjutnya sesuai dengan filosofi pendidikan profesi, setiap program studi sudah harus mengarahkan pada pencapaian kompetensi keahliannya sesuai dengan kebutuhan penguna lulusan. Ke depan Program Studi MICE akan terus menerus melakukan hubungan kerja sama dengan pengguna lulusan untuk mengantisipasi perkembangan yang terjadi di dunia industri dan lembaga lain, serta selalu menyesuaikannya dengan dunia pendidikan terutama dalam hal penyusunan elemen kompetensi lulusan dari setiap program studi.

Untuk menjamin kualitas keberlanjutan dari segi akademik dan administratif bersama-sama dengan prodi yang ada, Jurusan Administrasi Niaga dan Politeknik Negeri Medan akan berusaha sekuat-kuatnya menyediakan dan menjaga kualitas secara berkesinambungan dalam hal: prasarana, sarana/fasilitas, tenaga pengajar, tenaga administratif, tenaga penunjang dan lain-lain. Jurusan Administrasi Niaga juga memperhatikan pendukung kualitas akademik lainnya, seperti; kerja sama dengan masyarakat dan pengguna lulusan seperti; dunia industri, Pemda, perkebunan, dan perusahaan lain yang membutuhkan. Hal ini juga sangat perlu terutama untuk kegiatan praktik kerja lapangan (PKL), magang, dan pelatihan.

Dengan kegiatan kerja sama berkelanjutan ini perkembangan kebutuhan tenaga kerja dan kompetensi lulusan yang diharapkan dapat diketahui, sehingga jaminan mutu akademik akan dapat terus diperhatikan, masyarakat akan menilai dan peminat yang akan mengikuti pendidikan akan terus bertambah.

Kompetensi dan etika lulusan yang diharapkan pada Program Studi D4 MICE

  • Memiliki integritas kepribadian dan moral yang baik.
  • Memiliki etika dan kepribadian yang baik dan menarik.
  • Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengelola kegiatan pertemuan/rapat (meeting).
  • Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengelola penyelenggaraan insentif (incentive).
  • Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengelola penyelenggaraaan konvensi (convention).
  • Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengelola penyelenggaraan pameran (exhibition).
  • Mampu berwirausaha berkaitan dengan MICE.
  • Mampu merencanakan dan menyusun proposal event dan bid.
  • Mampu menyusun acara untuk konferensi/event.
  • Mampu merancang, menerapkan dan mengevaluasi rencana kegiatan sponsorship.
  • Mampu menyusun, menerapkan dan memonitor sistem dan prosedur manajemen event.
  • Mampu mengkoordinasi kegiatan registrasi bagi delegasi di lokasi event.
  • Mampu menyediakan/melaksanakan pelayanan yang memadai pada saat event berlangsung.
  • Mampu memproses dan memonitor pelaksanaan registrasi pada saat event.
  • Mampu menyelenggarakan kegiatan ramah tamah (function).
  • Mampu merencanakan dan mengkoordinir kegiatan budaya.

Metode Pembelajaran

Ceramah (Lecture)
Perkuliahan di Program Studi D4 MICE memiliki jadwal yang padat, dimana perkulihaan setiap hari (6 hari dalam 1 minggu) dimulai jam 07.30 WIB hingga jam 13.05 WIB. Transfer pengetahuan akan berjalan kondisif, karena ketersediaan kelas yang nyaman dan jumlah mahasiswa hanya terdiri dari 26 orang setiap kelas. Pemberian materi teori dan diskusi akan diberikan di kelas reguler sedangkan materi praktik diberikan di laboratorium.

Kerja Praktek di Laboratorium
Praktik kerja di laboratorium adalah kegiatan utama di Program Studi D4 MICE, dimana 55% waktu perkulihanan akan dihabiskan di laboratorium dan praktik event. Sejumlah laboratorum yang tersedia antara lain; laboratorium pengetikan manual, laboratorium pengetikan elektronik, laboratorium komputer, laboratorium simulasi bisnis, laboratorium bahasa Inggris, laboratorium kearsipan, dan laboratorium perkantoran.

Kuliah Umum/Studium General
Kuliah umum akan diberikan oleh praktisi-praktisi bisnis untuk membuka dan meng-update wawasan mahasiswa tentang dunia MICE. Kegiatan ini pada intinya untuk memotivasi mahasiswa agar lebih aware dengan perubahan lingkugan bisnis.

Studi Ekskursi dan (Kunjungan Industri Wisata)
Studi ekskursi adalah kegiatan mengunjungi dunia bisnis/industri wisata dan dilakukan di beberapa semester. Adapun orientasi dari kegiatan studi ekskursi ini adalah untuk memperkenalkan kegiatan industri/bisnis pariwisata dan MICE kepada mahasiswa dan menumbuhkan minat untuk menjadi pelaku usaha (berwirausaha MICE dan pariwisata).

Kerja Praktek di PCO/EO (Magang)
Kegiatan ini di beri nama praktek kerja lapangan (PKL), dimana mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing melakukan kuliah praktik di perusahaan-perusahan/PCO/EO/DMC/Convention Center/Hotel yang menjadi mitra kerja Program Studi D4 MICE. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkaya wawasan dan pengalaman mahasiswa di dunia bisnis dan event dengan terlibat langsung dalam berbagai pekerjaan secara langsung. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan berbagai materi teori dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada awal semester 8 dengan durasi sekitar 1 bulan. Setelah menyelesaikan proses PKL, mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan PKL untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan praktik MICE.

Penulisan Tugas (Proyek) Akhir
Setelah menyampaikan laporan PKL, mahasiswa diharuskan menuliskan sebuah karya ilmiah dalam bentuk penelitian minor. Adapun tema penelitian minor tersebut disesuaikan dengan pengalaman selama pelaksanaan PKL dan preferensi/minat mahasiswa dalam suatu bidang tertentu. Dalam penulisan tugas akhir, masing-masing mahasiswa akan mendapat pendampingan dosen dengan kompetensi terkait dengan judul/tema tugas akhir.

Evaluasi
Evaluasi kegiatan belajar mengajar diadakan 2 kali per semester yaitu pada tengah semester sebagai alat pemantauan hasil belajar mengajar dan pada akhir semester sebagai evaluasi dan penentu kelanjutan kuliah bagi mahasiswa. Pada evaluasi akhir semester ditetapkan mahasiswa yang berhasil lulus dan dapat melanjutkan kuliah ke semester berikutnya atau mahasiswa yang gagal dan tidak dapat melanjutkan kuliah lagi.

Keunggulan

  • Kurikulum berbasis kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha dan industry MICE. Selain itu, unggul dalam hal penggunaan teknologi informasi dan penguasaan Bahasa Inggris. Program Studi D4 MICE.
  • Lulusan siap kerja dan setara dengan sarjana (S1) dan tamat dengan memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan (SST).
  • Diasuh oleh staf pengajar profesional dari lulusan dalam dan luar negeri.
  • Semua lulusan akan disertifikasi TOEIC/TOEFL.
  • Suasana akademik (academic atmosphere) yang sangat mendukung.

 

Manajemen Bisnis (MB)

Program Studi Diploma 4 Manajemen Bisnis (MB) adalah satu dari enam program Diploma 4 yang ada di Politeknik Negeri Medan.  Program Studi D4 MB bernaung di bawah Jurusan Administrasi Niaga bersama dua program studi lainnya, yaitu Program Studi Diploma 3 Administrasi Bisnis dan Program studi Diploma 4 MB

 Sebagai bagian dari penyelenggara pendidikan tinggi vokasi, Program Studi D4 MB bertanggung jawab dalam program pendidikan yang berorientasi pada memproduksi sumber daya manusia terampil dan profesional di bidang Manajemen Bisnis sebagai Entrepreneur Profesional, Manajer Profesional, Akademisi dan Birokrat/pengawas. Program Studi D4 MB sejak berdiri telah berupaya meningkatkan kualitas program studi yang meliputi empat aspek, yakni:  peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa, kurikulum (penerapan kurikulum berbasis kompetensi) dan fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar, serta pelayanan

Sebagaimana program studi lainnya di lingkungan Politeknik Negeri Medan, Program Studi D4 MB menganut sistem pendidikan intensif, yaitu perkuliahan diselenggarakan dalam kelas kecil. Untuk satu kelas maksimum terdapat 28 mahasiswa dengan pengajaran sistem paket. Seluruh mahasiswa dari mulai semester satu akan mengikuti perkuliahan yang sama. Sistem penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Program Studi D4 MB menggunakan sistem jam pengajaran yang disesuaikan dengan satuan kredit semester (SKS).

Visi Program Studi D4 MB

Program Studi D4 MB  di bawah koordinasi Jurusan Administrasi Niaga. Sesuai visi dan misi jurusan, maka visi Program Studi D4 MB  adalah Menjadi program studi Manajemen Bisnis vokasi yang profesional  di tingkat nasional dan internasional dalam menghasilkan manusia unggul, kreatif dan inovatif dalam dunia bisnis.

 

Misi Program Studi D4 MB :

  1. Menyediakan kualitas pengajaran untuk menjadikan peserta didik memiliki  kemampuan untuk mengembangkan kearifan lokal (indigeneous knowledge) yang ada di lingkungannya dan kemampuan untuk menerjemahkan informasi menjadi pengetahuan (knowledge) dan kebijaksanaan (wisdom), berorientasi dan berwawasan masa depan.
  2. Menyediakan kualitas pengajaran untuk menjadikan peserta didik memiliki  kesadaran interkoneksitas, yaitu kesadaran untuk melakukan kerja sama antar personal, interdisiplin, dan antar wilayah dan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dan mengembangkan kemampuan kewirausahaan.
  3. Memajukan Pendidikan dan Pelatihan untuk menghasilkan tenaga profesional dengan standar nasional dan internasional.
  4. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk memperluas pelayanan kepada masyarakat serta menciptakan hubungan yang saling percaya dan menguntungkan dengan stakeholder baik Pemerintah, Industri terkait serta lembaga-lembaga masyarakat baik lokal, nasional maupun internasional.
  5. Meningkatkan kemampuan, profesionalisme dan kualitas pelayanan baik staf pengajar maupun administrasi.