Home »

 
 

Profil

 

Politeknik Negeri Medan adalah salah satu bentuk perguruan tinggi yang mengemban tugas dan fungsi khusus, yaitu menyelenggarakan pendidikan vokasional dalam sejumlah bidang pengetahuan dan teknologi terapan dengan mengutamakan peningkatan kemampuan penerapannya. Menurut sejarah pendiriannya , Politeknik Negeri Medan yang sebelumnya bernama Politeknik Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan satu dari 6 (enam) Politeknik Perintis yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1982 dengan bantuan Bank Dunia. Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi, Politeknik Negeri Medan merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan pofesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan kesejahteraan umat manusia serta memperkaya kebudayaan nasional.

Guna mencapai maksud itu, Politeknik memberikan pengalaman belajar dan latihan yang memadai untuk pembentukan kemampuan profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknolgi. Hal ini telah diwujudkan dalam komposisi jumlah jam pelajaan teori dan praktek dengan perbandingan 45% dan 55%, dalam masa pendidikan selama 6 semester yang menggunakan sistem paket.

Jurusan Administrasi Niaga adalah salah satu jurusan dan 5 (lima) jurusan yang ada di Politeknik Negeri Medan yang beroperasi atas dasar SK operasi Departemen Pendidikan Tinggi No. 27/DIKTI/KEP/2007 (Lampiran 1). Pada saat ini Jurusan Administrasi Niaga memiliki program studi yakni, Program Studi D3 Administrasi Bisnis, dan Program Studi D4 MICE.

Jurusan Administrasi Niaga mengemban tugas dan fungsi khusus, yaitu menyelenggarakan pendidikan vokasional dalam sejumlah bidang pengetahuan dan teknologi terapan dengan mengutamakan peningkatan kemampuan penerapannya khususnya dalam bidang-bidang administrasi bisnis, perkantoran, dan kesekretariatan dan MICE.

Adapun tujuan dari Jurusan Administrasi Niaga, sesuai dengan tujuan lembaga adalah:

  1. Mendukung pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencetak sumber daya manusia berkualitas yang siap pakai di berbagai bidang utuk mengisi dan melaksanakan pembangunan,
  2. Menghasilkan tenaga kerja profesional di bidang administrasi bisnis dan MICE sesuai kebutuhan pasar tenaga kerja (industri) dengan kualifikasi ahli madya dan sarjana sains terapan,
  3. Memberikan kesempatan kepada lulusan-lulusan SMK/SMA sederajat yang berminat dan memiliki kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan di Program Studi D3 Administrasi Bisnis dan Program Studi D4 MICE di Politeknik Negeri Medan.